CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 04 Maret 2009

Susu / Milk

Berdasarkan wikipedia.org
Susu biasanya berarti cairan bergizi yang dihasilkan oleh kelenjar

susu dari mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yoghurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. Semua orang di dunia ini membutuhkan susu untuk menopang kehidupannya. Baik dari bayi sampai orang yang sudah lanjut usia.


Macam-macam susu :

* Susu Sapi
Sapi adalah hewan ternak dari familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Selain dipelihara untuk bercocok tanah (menarik bajak, dan lain-lain), sapi juga diambil susu dan dagingnya. Salah satu jenis sapi disebut lembu memiliki punuk di punggungnya.

gambar for Sapi beneran:







* Susu Domba
Domba atau Biri-biri adalah ruminansia berkaki empat dengan rambut wol. Yang paling dikenal orang adalah domba peliharaan (Ovis aries), yang diduga keturunan dari moufflon liar dari Asia Tengah selatan dan barat-daya. Untuk tipe lain dari domba dan kerabat dekatnya, lihat kambing antilop. Domba berbeda dengan kambing.
gambar for Domba:



* Susu Kambing
Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu.
Gambar for Kambing:



* Susu Kuda
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun. Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.
Gambar for Kuda:



* Susu Unta
Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal - Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda - Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.
Gambar for Unta:



* Susu Ibu
Air susu ibu atau ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. ASI pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Bila ibu tidak dapat menyusui anaknya, harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus. Susu sapi tidak cocok untuk bayi sampai berusia 1 tahun.






Gambar for Ibu susunya kapan2 aja:






Love U mom

* Susu Kacang Kedelai
Berdasarkan pertanyaan dari silentsakura mengenai susu kedelai
for Pertanyaan YBS:
Quote:
Originally Posted by silentsakura View Post
wah bro, sekalian nanya, susu kedelai itu sebenernya bagus gag seh? trus kadar yang bener itu gimana? soalnya dulu pernah beli susu kedelai ada yang encer banget, trus ada yang kental banget.... tahu cara ngetest manual susu kedelai yg bagus gag?


Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pertanyaan tersebut. Semoga dapat membantu dan berguna bagi kaskuser sekalian

Thanks to bro orbis for the answer

Gambar for Soymilk:



susu kacang kedelai memiliki kandungan protein yang sama dengan kandungan protein yang terdapat pada susu sapi.
Hanya susu kacang kedelai mengandung lebih sedikit kalsium, sehingga dalam proses pembuatannya ditambahkan kalsium.

Susu kacang kedelai mengandung kalium, magnesium dan besi yang lebih banyak dari susu sapi, selain itu juga mengandung kadar lemak yang lebih sedikit.


Keuntungan lainnya susu kedelai:

- tidak mengandung kholesterin
-bebas antibiotika dan hormon
-bebas laktosa/gula susu (yang efeknya banyak dirasakan oleh kebanyakan orang asia (sakit perut dan harus ke belakang jika habis minum susu sapi).
-dapat dikonsumsi oleh orang yang mengidap diabetes (jika susu tidak diberi tambahan gula -->perhatikan tulisan di kotak susu)
-mengandung lecithin dan vitamin E
-tidak mengandung casein
-mengandung isoflavone


Cara membuat susu kacang kedelai

Susu kacang kedelai dapat juga dibuat sendiri di rumah, berikut cara pembuatannya di Jepang

Bahan :

untuk menghasilkan 1 liter susu kacang kedelai diperlukan
-air 1,25 liter
-kacang kedelai 120 gram


cara pembuatan :

-kacang kedelai sebelumnya direndam dalam air dingin selama 8-16 jam. Setiap 3 jam air diganti

-lalu kacang kedelai disortir, biji yang jelek pisahkan
Biji kacang yang bagus lalu dibilas dengan air. Selanjutnya masukan ke dalam alat penumbuk dan isi dengan air sampai air menutupi kacang.

-tumbuk kacang hingga halus

-siapkan panci dengan air yang dipanaskan sedang

-masukan kacang yang telah diumbuk ke dalam panci, masak selama 30 menit dan jangan lupa diaduk

-saring menggunakan kain

-tambahkan gula/ sirup, dinginkan dan siap diminum



Kekentalan dipengaruhi oleh takaran antara banyaknya kacang dan campuran air.
Makin banyak air maka makin encer susu.


Cara utuk mengetahui apakah susu masih bagus atau tidak, dapat dengan cara membauinya.
Biasanya bau sudah mulai menusuk, jika susu sudah berada dalam keadaan terbuka lebih dari 3 hari (bila disimpan di dalam kulkas).
Maka sebaiknya susu diminum dalam jangka waktu kurang dari itu!!!


http://www.nekobento.com/?page=sojamilchselb
http://www.schrotundkorn.de/2005/200505e6.html
http://de.wikipedia.org/wiki/Sojamilch

0 Ingin berkomentar.....klik ini:

Bila ingin mendapatkan uang secara mudah di Internet